Inilah Daftar 5 Kuliner Khas Kudus yang Wajib Kamu Coba

Lain daerah, lain pula kuliner khasnya. Jadi, kalau kamu bertandang ke suatu tempat, sempatkanlah mencicip sajian lokal yang cita rasanya mungkin akan membuat ketagihan. Dari beberapa tempat, jangan sampai kamu melewatkan berburu makanan asli Kudus.

Daftar 5 Kuliner Khas Kudus yang Wajib Kamu Coba

Perkenalan banyak orang, boleh jadi kamu juga, dengan kuliner kudus adalah lewat segar kuah soto bertabur ekstra bawang putih. Sudah sebegitu ternama, bahkan di Ibu Kota sekalipun kamu bisa dengan mudah menemukan kedai makan penjaja soto kudus yang punya rasa gurih nan segar. Eits, tapi nggak cuma makanan itu saja yang bisa kamu cicip di sini.

Kudus masih punya banyak, begitu banyak, pilihan makanan untuk dicoba. Menyebar di seantero wilayah, kamu bisa dengan mudah menemukan penjual ragam makanan yang terlihat menggiurkan saat menjelajah jalan-jalan Kota Kretek. Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (26/7/2017), kalau nggak punya banyak waktu atau malah bingung mau makan apa, coba saja rekomendasi kuliner-kuliner Kudus yang bikin ngiler ini.

1. Garang asam ayam.

Makanan ini punya embanan sejarah, di mana dulu dianggap mewah karena hanya bisa dinikmati orang-orang kaya. Penyajiannya pun hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Sekarang, kamu bisa menemukan beberapa tempat makan di Kudus yang menyajikan garang asam ayam. Coba sajian ini untuk merasakan cita rasa makanan bangsawan.

2. Lentog tanjung.

Ini sajian yang khas banget, lantaran akan sulit kamu dapatkan di luar wilayah Kudus. Biasa disantap sebagai menu sarapan, cita rasanya yang khas membuatmu mendapat suntikan semangat untuk memulai hari. Di Kabupaten Kudus sendiri terdapat sentra penjualan lentog tanjung, yakni di sebelah utara simpang lima Jalan Lingkar Tanjungkarang.

3. Nasi pindang.

Kuliner berupa nasi dan olahan daging kerbau yang disajikan dengan kuah pindang plus daun melinjo ini nggak pernah gagal bikin kangen Kudus. Gurih-manis, makanan ini jadi salah satu kegemaran pelancong yang jangan sampai kamu lewatkan. Selintas, makanan ini mirip rawon karena kuahnya yang sama-sama terbuat dari kluwak, tapi rasanya tetap berbeda.

4. Ayam gongso.

Satu lagi kuliner khas Kudus yang mesti kamu coba. Sederhana memang, yakni berupa tumis ayam dengan bumbu kecap, tapi rasanya jangan diremehkan. Manis, gurih, dan pedas ketiganya berpadu membuat rasa ledak nan nikmat di mulut. Menu praktis tapi istimewa ini akan jauh lebih lezat bila disantap bersama nasi goreng.

5. Soto kudus.

Ya, kuliner ini memang bisa dengan mudah kamu dapatkan di luar Kudus, namun mencicip langsung di daerah asalnya tentu mendatangkan kenikmatan dan kepuasan berbeda. Gampang ditemui, sebagian besar tempat makan penjaja soto di sini dikenal enak. Jadi, kapan kamu mau kuliner-an di Kudus?

No comments