Libur Lebaran, Pantai Jepara Dikunjungi Ratusan Ribu Wisatawan

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah pantai di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tak ada peningkatan berarti jika dibanding tahun lalu. Pada musim libur lebaran kali ini, jumlah kunjungan wisatawan di tiga objek wisata pantai mencapai 100 ribu pengunjung.

Libur Lebaran, Pantai Jepara Dikunjungi Ratusan Ribu Wisatawan

Kepala Bidangan Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Zamroni Istiaza menyampaikan, tahun ini tak ada lonjakan kunjungan wisatawan yang berarti. Tiga objek wisata pantai andalan Bumi Kartini tak menunjukan peningkatan pengunjung.

“Tahun lalu jumlah pengunjung Pantai Kartini 35 ribu, Pantai Bandengan 50 ribu, dan Pantai Benteng Portugis 15 ribu. Tahun ini jumlah pengunjung kurang lebih sama dengan tahun kemarin,” beber Zamroni ditemui di Pantai Kartini, Minggu 2 Juli 2017.

Dari tiga objek wisata ini, Zamroni bilang, tahun ini pihaknya ditarget mampu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp3,6 miliar. Berkait dengan capaian target PAD itu, saat ini Zamroni belum dapat menyebut angka pasti persentase perolehan dari objek wisata.

“Sampai saat ini sudah berapa persen belum kami hitung. Karena tahun ini masih ada momentum liburan yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung, yaitu libur Natal dan akhir tahun,” ujar Zamroni.

Selain objek wisata pantai yang dikelola Pemkab, Zamroni menambahkan, objek wisata pantai yang dikelola pemerintah desa maupun masyarakat juga tak kalah ramai. Itu seperti Pantai Telukawur di Tahunan, Pantai Blebak, Pantai Pailus, dan Pantai Empurancak di Kecamatan Mlonggo, dan Pantai Bondo di Kecamatan Bangsri.

“Di masing-masing pantai tersebut biasanya juga disiapkan acara khusus untuk menyambut pengunjung pada momentum Lomban seperti saat ini,” pungkas Zamroni.

No comments